Apa Itu Developer Software? Pengertian dan Bagaimana Caranya


Sobat Papa Baha, ada yang sudah tahu apa itu developer software? Pada era digital seperti saat ini, menjadi Developer aplikasi ternyata semakin banyak diburu oleh perusahaan. Tahu nggak sob, di Amerika, profesi sebagai Software Developer sudah menduduki peringkat pertama selama 3 tahun berturut-turut. Sebagai ranking karier yang terbaik pada bidang teknologi milik World Report. 

Apa itu Developer? Pekerjaan dalam bidang ini termasuk yang fleksibel karena kemampuan hardskill yang kita miliki nggak terbatas hanya merancang aplikasi saja. Ternyata meniti karier dalam bidang IT seperti ini juga tidaklah mudah. Namun nggak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk menjadi Developer yang bisa dilakukan. 

Apa Itu Developer Software?

Yuk kenali dulu, apa itu Developer? Seperti yang dilansir dari website domainesia.com, Developer adalah perusahaan atau bisa juga usaha yang menciptakan produk baru, seperti software atau komputer yang berkaitan dengan perancangan coding

Apa itu Developer software? Adalah orang yang memiliki tugas untuk untuk menciptakan serta merancang software. Pekerjaan ini berbeda dengan programer ya Sob. karena kalau programer biasanya dikerjakan oleh satu orang saja. 

Sedangkan seorang Software Developer memiliki tugas untuk membangun serta menciptakan produk-produk baru yang sesuai perkembangan zaman. Nggak hanya itu saja, mereka juga bisa membuat aplikasi seperti game online, website, dan lainnya. 

Memiliki pengetahuan seputar coding, ide untuk pengembangan software, ketepatan dalam menilai kebutuhan sistem, serta kolaborasi dengan berbagai pihak merupakan skill yang sangat dibutuhkan. 

Lalu bagaimana cara menjadi Software Developer? Tentunya harus memiliki skill dan kualifikasi sebagai seorang Software Developer. Yuk simak ulasannya dibawah ini. 

Skill Untuk Menjadi Software Developer 

Sudah paham komputer dan bahasa pemrograman? Eits…. Tapi tunggu dulu Sob, kalian juga perlu beberapa skill dan kualifikasi lainnya, seperti: 

  • Kerjasama. Ini penting banget ya Sob. Syarat utama Software Developer harus bisa bekerjasama dengan berbagai divisi lainnya baik itu secara internal perusahaan maupun eksternal. 

  • Kemampuan menyelesaikan masalah. Dengan adanya kode-kode pemrograman, diharapkan bisa bekerja lebih fleksibel untuk mendapat solusi atas setiap software yang sedang dirancang. 

  • Detail oriented. Yuhu… ada barisan kode angka, huruf, ataupun bahasa pemrograman yang kompleks menuntut pekerjaan di bidang ini harus teliti dan detail. 

Cara Menjadi Software Developer

Sobat Papa Baha sudah mengetahui apa itu Developer, bukan? Kini saatnya cari tahu bagaimana sih cara untuk menjadi pengembang perangkat lunak atau software Developer

Pelajari bahasa pemrograman. Tentunya dengan sering melakukan uji coba dan belajar bahasa pemrograman maka keterampilan akan terus meningkat. 

Mulailah dengan membuat yang sederhana dan menjadi solusi atas permasalahan masa kini. Serta fokus pada pembuatan software yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Seorang Software Developer terkadang juga harus bisa membuat aplikasi mobile untuk website klien. Seperti yang sering kita lihat di portal-portal berita media online yang populer. Saat ini selain berfokus di media online, mereka juga mengembangkan aplikasi untuk enggage dengan audience


Untuk teman teman yang ingin menjadi web developer juga bisa menggunakan promo domain ini untuk mulai belajar bagaimana menjadi web developer.


Jangan lupa kuasai softskills dan hardskills serta kemampuan berkomunikasi yang baik sebagai penunjang.  

Keuntungan Menjadi Software Developer

Profesi ini nggak harus bekerja dari kantor. Bisa melakukan pekerjaannya dari lokasi mana saja asalkan memiliki jaringan dan koneksi internet yang stabil. 

Karena berkaitan dengan teknologi informasi maka, nggak heran kalau perusahaan akan dengan senang hati memberikan gaji atau benefit yang menggiurkan. Menurut info dari salah seorang saudara yang bekerja sebagai Software Developer, gajinya bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta per bulan lho. 

Sobat Papa Baha juga bisa menjadi lebih kreatif. Karena selalu bereksperimen untuk mendapatkan hasil software atau aplikasi yang bisa bekerja dengan baik dan sempurna. Kurang lebih seperti itulah keuntungan atau manfaat jika kalian menekuni profesi ini. 

Dimana Software Developer Bekerja? 

Apalagi saat ini dunia informasi teknologi berkembang sangat pesat. Hampir semua perusahaan kini menggunakan perangkat lunak dalam sistem operasinya. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang IT atau lainnya yang membutuhkan seorang Software Developer. Kalian bisa bekerja di agency atau perusahaan swasta serta startup. 

Ingin bekerja secara independen atau sebagai freelance juga bisa lho Sob. Karena kalian bisa membuat perangkat lunak untuk kelancaran bisnis perusahaan atau rekanan. 

So, setelah mengetahui apa Itu Developer Software serta pengertian dan bagaimana caranya, semakin tertarik untuk menjadi salah satunya? Selamat berkarya. 

 

 


Comments